Gabungan Komunitas Baca, Bangun Semangat Literasi

Gabungan Komunitas Baca, Bangun Semangat Literasi
Gabungan Komunitas Baca, Bangun Semangat Literasi
()

NONSTOPNEWS.ID – Gabungan komunitas literasi gelar Pasar Gratis di wilayah Tangerang Raya. Saat ini,(28/11) kegiatan tersebut tengah berlangsung di wilayah, Eco Park,Kota Tangerang.

Membaca buku merupakan hal yang saat ini jarang ditekuni masyarakat, alasannya beragam, mulai dari repotnya mencari buku, hingga harga buku yang tidak terjangkau.

Maka dari itu beberapa komunitas di Tangerang Raya mengadakan aksi baca, lokasi pelaksanaannya berpindah-pindah namun tetap di wilayah Tangerang Raya.

Saat ini, Sabtu, 28 November 2020, gabungan antara komunitas djejak.poestaka, pelita.jingga, pasargratis_tng, pasargratis_kabtng, secara bergiliran mengadakan aksi baca di taman Eco Park.

Mereka menyediakan buku baca secara gratis, dan membuka donasi untuk masyarakat yang ingin membagikan buku yang layak pakai.

Kegiatan aksi tersebut tidak hanya sebatas membaca buku, ada sesi belajar untuk anak-anak, mewarnai, bermain permainan yang mengedukasi dan berbincang dengan warga sekitar.

Dengan lokasi pelaksanaan aksi baca yang beragam, maka diharapkan mampu memasuki segala segmen dan lokasi yang ada di Tangerang, dan semua masyarakat merasakan adanya aksi baca secara gratis.

Arul,(21) ketua Komunitas Pelita Jingga mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengajak komunitas lain agar kolektif dan peka dengan literasi masyarakat. Arul juga mengharapkan dapat mengundang lebih banyak komunitas lain untuk melakukan hal yang sama guna meningkatkan semangat baca dikalangan masyarakat, apalagi ditengah terpaan teknologi seperti sekarang.

"Mengumpulkan kesadaran kolektif dalam setiap komunitas di Tangerang, khususnya literasi. Aksi solidaritas sini juga sebagai wujud silaturahmi. Harapannya, semakin banyak komunitas yang melakukan hal serupa, supaya menyebarkan semangat membaca kepada masyarakat," Jelas Arul saat ditemui Nonstopnews.id.(Red)