Pemkab Tangerang Sisir RS Swasta Cari Ruang Inap Pasien Covid

Pemkab Tangerang Sisir RS Swasta Cari Ruang Inap Pasien Covid
Pemkab Tangerang Sisir RS Swasta Cari Ruang Inap Pasien Covid
(Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Tangerang terus berupaya mencari ruang rawat inap tambahan bagi pasien Covid, yang saat ini masih belum mendapatkan perawatan, dikarena keterbatasan ruangan perawatan di rumah sakit.

Bersama Satgas COVID19 Pemerintah Kabupaten Tangerang terus sisir Rumah Sakit swasta yang belum memberikan kuota 40 persen ruang rawat inapnya menjadi tempat perawatan bagi pasien covid.

Sekertaris Daerah Kabupaten Tangerang yang juga menjabat sebagai Sekretaris Satgas COVID19 Moch Maesal Rasyid mengatakan Kabupaten Tangerang sampai saat ini masih menjadi wilayah dengan status Zona merah Pandemi Covid19.

" Ruang ICU dan Ruang rawat inap bagi pasien Covid di rumah sakit pemerintah dan swasta sudah penuh sesak, namun kebutuhan akan pelayanan terkait perawatan pasien covid terus mengalami peningkatan," terang Moch Maesal Rasyid, Kamis (21/01).

Menurutnya Pemerintah Kabupaten bersama Satgas COVID19 hampir setiap hari berkeliling terhadap seluruh rumah sakit milik swasta untuk di pastikan kapasitas ruang rawat inap ya, apakah sesuai dengan ketentuan atau belum dalam memberikan pelayanan bagi pasien Covid.

" Dalam aturan yang di keluarkan kementrian kesehatan, bahwa seluruh pengelola RS Swasta saat ini di wajibkan untuk memberikan pelayanan maksimal bagi pasien Covid, dimana dalam salah satu ketentuannya 40 persen ruangan rawat inap harus diisi oleh pasien Covid," paparnya.

Orang nomor tiga di Kabupaten Tangerang ini mengakui, salah satu RS yang kita datangi adalah RS suci Paramita yang berlokasi di Balaraja  bakal menambah kapasitas ruang rawat inap bagi pasien Covid.

" Pengelola RS ini siap mengikuti ketentuan yang dianjurkan Pemerintah, bahkan sebagai RS type D  sangat antusias, termasuk memberikan bekal pelatihan bagi tim medis rumah sakit terkait penangan pasiennya," jelasnya.

Hal serupa juga terjadi di RS Hermina Bitung Curug Tangerang Banten, dimana pengelola mengaku sudah mempersiapkan satu lantai demi menyiapkan ruang husus rawat inap bagi pasien Covid, seperti yang menjadi ketentuan kementerian kesehatan.

" Secara prinsip pengelola RS Swasta sangat siap demi membantu pemerintah dalam penangana pasien Covid ini," ujar.

dr. Hendrikus direktur RS Suci Paramita menambahkan pihaknya sudah mempersiapkan ruang perawatan untuk pasien Covid-19, sekitar bulan februari kita sudah siap melayani pasien covid-19.

" Kami sudah siapkan 12 tempat tidur untuk pasein covid-19, tetal keseluruhan 50 tempat tidur di Januari sudah siap beroperasi," tutup Hendrikus. (red)