Renstra 2021-2026, Diskominfo Tangsel Akan Benahi Infrastruktur Telekomunikasi

Renstra 2021-2026, Diskominfo Tangsel Akan Benahi Infrastruktur Telekomunikasi ()

NONSTOPNEWS.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan akan membenahi infrastruktur teknologi dan informasi, seperti menara telekominkasi, fiber optik (FO) dan infrastruktur telekomunikasi lainnya, yang saat ini belum tertata.

Hal tersebut disampaikan dalam Focus Grup Discussion (FGD) terhadap rancangan Rencana Strategis (Renstra) Diskominfo Tangsel Tahun 2021-2026, yang digelar secara during, Rabu (16/6/2021).

Dimana dalam FGD tersebut, salah satu bahasannya ialah mengenai arah kebijakan Diskominfo terkait peningkatan infrastrutur teknologi informasi dan kamunikasi.

Kepala Diskominfo Kota Tangsel, Fuad mengungkapkan, dalam hal pengelolaan infrastruktur telekominikasi pihaknya sudah memiliki dasar untuk langkah tindak lanjut perihal terkait.

“Beberapa minggu lalu ada problem di pasar Gintung itu ada kabel FO itu yang putus mengganggu akses keluar masuk pasar. Waktu itu kita tidak tau siapa pemilik kabel ini karena tidak ada tulisannya, dan ini problem besar tetapi insyaallah kita sudah memiliki dasar untuk langkah tidak lanjut terhadap problem ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekertaris Diskominfo Tangsel, Tb Asep Nurdin menambahkan, bahwa terkait penataan infrastrutur telekomunikasi, nantinya akan diberlakukan satu tiang untuk beberapa kabel optik milik provider.

“Dijalan-jalan kita sering mengenalnya tiang berwarna hitam tidak tinggi, tingginya sekitar 3 meter. Dulu diinisiasi oleh Telkom sebetulnya, tapi sekarang diikuti oleh beberapa tower provider, itu akan kita bentuk penataan, yaitu 1 tiang tunggal. Jadi disatu titik, nanti kita tidak akan liat lagi ada 10 tiang berdiri dengan masing-masing kabelnya,” pungkasnya. (Kibo)