Tok! Pilkada Kalahkan Corona

Tok! Pilkada Kalahkan Corona ()

NONSTOPNEWS. ID - Presiden Joko Widodo menetapkan hari pencoblosan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang jatuh pada tanggal 9 Desember 2020 mirisnya pilkada berlangsung ditengah wabah corona. 

Pada tanggal tersebut juga ditetapkan hari libur nasional. Keputusan tersebut tertulis di surat keputusan presiden (keppres).
Keppres Nomor 22 tahun 2020 tentang 
hari pemungutan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur,bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahub 2020 sebagai hari libur nasional.

"hari pemungutan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur,bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahub 2020 sebagai hari libur nasional." Demikian keputusan Jokowi pada diktum kesatu perpres.

Keppres Nomor 22 tahun 2020 ini berlaku sejak tanggal penetapan, yaitu 27 November 2020.
Sebelumnya, keputusan pemerintah yang dinilai berisiko tersebut memunculkan reaksi dan kritik pedas dari publik, salah satunya dialamatkan oleh dua organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu NU dan Muhammadiyah yang bersikeras mendesak pemerintah untuk menunda Pilkada dan memprioritaskan keselamatan hidup rakyat Indonesia dari pandemi Corona paling tidak sampai kondisi darurat kesehatan terlewati. 

Hal senada juga disuarakan oleh Majelis Ulama Indonesia dan mantan Wapres RI Jusuf Kalla yang mendesak pemerintah untuk menunda Pilkada paling tidak sampai vaksin Covid-19 ditemukan dan kasus pasien positif melandai.

Secara garis besar, aspirasi dari berbagai elemen masyarakat tergolong wajar. Pasalnya, masih ada keraguan dari mereka atas kesiapan pemerintah dalam menekan penyebaran virus Corona di Indonesia yang dinilai masih belum maksimal.

Akan tetapi, kritikan dan desakan dari berbagai elemen bangsa nampaknya tidak berpengaruh. Pemerintah bersikeras untuk tetap menyelenggarakan Pilkada pada Desember nanti dengan dalih menggunakan protokol kesehatan yang akan dipersiapkan secara matang.
(red)