Viral Video Mandi Bareng di Banten, Ini Nama Aliran dan Pembawa Ajarannya

Viral Video Mandi Bareng di Banten, Ini Nama Aliran dan Pembawa Ajarannya (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - Viral video warga yang menjalankan ritual sesat dengan cara mandi bersama tanpa mengenak pakaian, di penampungan air area kebun sawit milik PT Gal, Pandeglang, Banten. 16 orang tersebut diketahui tengah menjalankan ajaran Balakasuta.

Wakapolres Pandeglang Kompol Riky Crisma Wardana mengatakan, aliran tersebut bernama aliran Hakekok yanh dibawa oleh almarhum kakek dengan inisial E dan diteruskan oleh A, dengan ajaran balakusta.

"Mereka ini laki-laki dan perempuan yang mengikuti kegiatan ritual mandi bersama di penampungan air. Ajaran ini dibawa almarhum kakek E dan diteruskan ke saudara A yakni ajaran balakasuta," ujarnya, Kamis (11/3/2021).

Diketahui, 16 warga yang terlibat ritual ini berasal dari Desa Karangbolong, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten. Lima diantaranya perempuan dan delapan laki-laki dewasa serta tiga anak di bawah umur.

Selanjutnya, polisi akan berkoordinasi dengan Kejaksaan, Pemkab Pandeglang dan MUI untuk memutuskan apakah 16 orang termasuk mengikuti ajaran aliran sesat atau tidak. (red)